Desa Wirittasi Tanah Bumbu Sosialisasi Pemilahan Sampah - Eksplosif

  • Eksplosif

    Media Digital

    Eksplosif™

    Jumat, 16 Agustus 2024

    Desa Wirittasi Tanah Bumbu Sosialisasi Pemilahan Sampah

    Tanah Bumbu,
    Pemerintahan Desa Wirittasi Kecamatan Kusan Hilir menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan sosialisasi tatacara pemilahan sampah sekaligus pembentukan Bank Sampah unit Desa, bertempat di Kantor Desa Wiritasi, belum lama ini.

    Kepala Desa Wirittasi, Abdul Razak mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi kepada warga terkait sangat pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan melalui upaya pengurangan sampah mengingat lokasi wilayah Desa Wirittasi terletak di sepanjang pesisir pantai Pagatan.

    Menurut Kepala Desa Wirittasi, jika kegiatan pemilahan sampah ini dilakukan konsisten, maka akan berdampak baik bagi lingkungan sekitar yaitu; perubahan perilaku masyarakat yang akan lebih sadar dan peduli terhadap kebersihan.

    Selain itu tambah Kepala Desa, juga meminimalisir pembuangan sampah sembarangan termasuk di area pesisir pantai sekaligus menjadi perputaran ekonomi bagi warga masyarakat dari hasil penjualan sampah terpilahnya.

    Pada kesempatan itu ia juga mengatakan Desa Wirittasi juga mempunyai Bank Sampah Unit (BSU) Desa yang bernama Peduli Pesisir terletak di RT 04 yang dikelola oleh ibu-ibu Kader PKK dan Posyandu Desa.

    Narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Pengendali Dampak Lingkungan Bidang PSLB3 DLH Kabupaten Tanah Bumbu, Sukmaraga, Pengelola BSU Hijau Berseri DLH Kabupaten Tanah Bumbu sekaligus Penyuluh Pengelolaan Sampah, Lalu Padlun, dan Pengeloa Bank Sampah Induk (BSI) Bang Julpikar’s, Bambang Susilo.

    Adapuan pihak DLH Kabupaten Tanah Bumbu diwakili Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti. (Eks-13)
    👀 6670

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Beranda